9 Tips Dan Trik Mudah Membuat Pempek, Otak-Otak, Siomay Dan Batagor Renyah, Enak Dan Nikmat

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Sembilan Tips dan trik mudah dan sederhana membuat dan memasak pempek, otak-otak, siomay, dan batagor. Jajajan asli Indonesia ini sangat digemari dan sangat mudah ditemukan hampir diseluruh wilayah pulau jawa. Dengan rasanya yang enak membuat jajanan ini mendatangkan keuntungan bagi pedagang-nya. Bahan penting dan utama untuk mengolah dan membuat pempek, otak-otak, siomay dan batagor ini adalah ikan tengiri.

Bagi anda yang suka jajajan makanan ini, tidak selamanya harus beli, karena sekarang anda bisa membuatnya sendiri. Jajanan khas nusantara ini bisa juga anda nikmati saat dan setelah berbuka puasa Ramadhan. Bisa juga dihidangkan untuk hidangan Idul Fitri sebagia alternatif hidangan untuk saudara dan sahabat anda. Untuk langkah awal anda harus tahu dan paham dulu tips dan triknya supaya bisa menghasilkan masakan yang enak, lezat dan mantap. 

Oleh karena itu kami akan memberikan 9 tips dan trik membuat pempek, otak-otak, batagor dan siomay yang mudah anda pahami. Berikut tipsnya.

1.)  Tips Memilih Tepung Yang Baik

Tentu bahan yang satu ini tidak bisa kita lupakan  karena dengan tepunglah masakan jajanan kita akan lebih utuh, sempurna dan nikmat. Pilihlah tepung sagu tani karena tepung jenis ini cocok untuk membuat jajanan ini, dan usahakan memilih yang dalam kemasan karena aman dari bau apek dan kutu. Karena kita gak mau kan masakan kita bau apek nantinya. Hehe. Ukur atau timbang pemakaian tepung sesuai dengan resep yang sudah ditentukan agar pempek yang kita buat tidak keras.

2.)  Tips Memilih Bahan Baku Masakan

Salah satu yang penting dalam memasak adalah pemilihan bahan yang baik dan tepat. Ikan tengiri adalah bahan utama jika kita ingin membuat pempek, otak-otak, siomay dan batagor. Selalu pilih ikan tengiri yang masih segar dan baru. Sebab dengan ikan tengiri yang baru dan segar akan menghasilkan rasa dan aroma yang mantap saat dinikmati. Begitu juga dengan semua bahan pendukung dan pelengkap lainnya haruslah bahan-bahan yang masih baru dan segar-segar.

3.)  Bahan Pelangkap Gula Merah Dan Tips Mengolahnya

Dengan menambahkan bahan satu ini, akan menambah citarasa masakan atau jajanan yang akan anda buat. Gula merah baik untuk memenuhi kebutuhan gula dalam darah asal jangan berlebihan. Nah, pilihlah gula merah yang baik dengan kualitas super yang baik. Sebelum anda merebus gula merah, sebaiknya diiris-iris dulu, kemudian disaring dahulu sebelum anda olah bersama bahan lainnya.

4.)  Tips Cara Menghaluskan Ikan Tengiri

Dalam pembuatan jajanan kesukaan anda ini, proses menghaluskan ikan sangat perlu sebab akan mempermudah proses sekanjutya. Proses ini sangat penting, karena kita akan membutuhkan ikan tengiri yang halus untuk membuat pempek, otak-otak, batagor, dan siomay. Yaitu dengan cara kita blender ikan tengiri tanpa tambahan air. Bisa juga menggunakan food processor untuk menghaluskan ikan tengiri-nya. Untuk memudahkan proses penghalusan ikan, terebih dahulu kita potong kecil-kecil ikan dan buang semua durinya.

5.)  Tips Membuat Adonan Dasar

Saat kita mengolah dan membuat adonan untuk jajanan gorengan seperti batagor, siomay, otak-otak dan pempek kita tidak perlu membuat adoanan sampai kalis. Kami menyarankan agar anda menggunakan spatula dalam proses membuat adonan. Karena anda tidak harus menyentuh adonan secara langsung

tips menghaluskan ikan tengiri, tips menggoreng pempek, tips merebus otak-otak, tips membentuk batagor, tips memilih tepung, siomay nikmat enak, bahan pempek-pempek, tips dan trik memasak, tips dan trik mudah sederhana,kuliner khas nusantara, jajanan asli indonesia,hidangan idul fitri

6.)  Tips Mengukus Jajanan

Dalam mengukus jajanan ini ada tips yang harsu anda ketahui. Trik dan tips mengukus siomay, pempek, batagor dan otak-otak. Yaitu air harus selalu ada atau cukup sampai proses mengukus-nya selesai. Oy, kukus jajanan alsi Indonesia ini dengan api sedang saja.

7.)  Tips Dan Trik Membentuk Adonan

Bentuk adonan adalah tahapan yang akan mempengaruhi nama dari jenis jajajan yang akan anda buat. Tahap ini sangat penting, sebab bila anda tidak tau maka akan memperlambat proses pembentukan adonan pempek. Yaitu lumuri dulu telapak tangan anda dengan tepung sagu supaya adonan tidak lengket saat anda membentuk adonan siomay dan jajanan tradisional khas nusantara lainnya.

8.)  Tips Menggoreng Adonan

Dalam proses menggoreng pun ada triknya agar jajanan bisa tetap enak saat dinikmati. Ketika anda mulai menggoreng otak-otak, batagor, siomat dan pempek, sebaiknya gunakan minyak yang masih baru dan banyak agar adonan terendam dan akan membuat adonan matang keseluruhan dengan sempurna. Khusus anda yang menggoreng pempek, usahakan agar suhu pempek tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas jika dibandingkan dengan suhu ruangan tempat kita menggoreng. Oy, saat menggoreng gunakan api sedang saja.

9.)  Tips Merebus Adonan

Dengan proses merebus yang benar akan menghasilkan pempek yang bagus. Yaitu terlebih dahulu rebus air yang banyak dan sedikit minyak goreng diatas api sedang sebelum anda mulai membentuk adonan jajanan enak pempek-pempek. Dengan air yang banyak memudahkan pempek mengambang. Setelah itu mulai membentuk adonan dan anda bisa langsung merebus adonan pempek yang sudah terbentuk. Hal ini penting, kenapa? Supaya hasil pempek-nya bagus. Untuk jenis pempek kapal selam, biasanya anda membutuhkan waktu merebus yang lumayan lama itu karena telur dalam adonan harus matang dulu.

Gimana bunda, mudah kan untuk dipahami?, semoga tips dan trik membuat pempek, otak-otak, siomay, dan batagor-nya bermanfaat terutama untuk para ibu-ibu yang baru belajar memasak jajanan khas nusantara ini. Trims kepada semua yang selalu mendukung keberadaan artikel kami karena secara tidak langsung anda ikut berperan dalam melestarikan masakan asli Indonesia yang saat ini sedang digemari masyarakat karena rasanya yang nikmat dan maknyus.


Blog, Updated at: 5:40 AM

Advertisement