Tips Dan Panduan Persiapan Serta Waktu Di Perjalanan Mudik Lebaran Tahun 2015 Dengan Aman Dan Nyaman

Posted by

Hidangan Idul Fitri - Selamat merayakan hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri khusus bagi umat muslim beragama Islam yang merayakannya. Lebaran adalah hari dimana semua orang bersuka cita bersama keluarga tercinta. Masyarakat muslim indonesia memiliki budaya yang khas, yaitu bagi sebagian besar perantauan di negeri orang dan kota besar akan berbondong-bondong pulang kampung/ mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar di tempat kelahirannya. Berbagai macam oleh-oleh dari kota besar yang sudah disiapkan untuk orang tua, bapak, ibu, kakek, nenek dan keluarga besar lainnya sudah menjadi kebiasaaan kita membawanya ke kampung halaman.
Dengan sibuknya aktifitas kita sehari-hari mebuat kita tidak terasa bahwa Lebaran sebentar lagi akan tiba. Untuk itu kita harus segera menyiapkan segala sesuatunya untuk mudik Lebaran nanti. Mudik Lebaran ada yang menggunakan angkutan umum, seperti mobil trafel, bus, kereta api, pesawat terbang, dan ada pula yang memakai kendaraan sendiri baik itu motor maupun mobil pribadi. Dalam perjalanan mudik Lebaran kita harus mempersiapkan tubuh kita agar selalu sehat dan fit. Apalagi bagi anda yang memiliki anak yang mash bayi. Dengan itu perhatikan tips berikut dari kami dan semoga bermanfaat. 

Tips Persiapan Awal Mudik Lebaran Dan Tips Aman, Nyaman Dan Sehat Dalam Perjalanan Saat Mudik Lebaran. 

Setiap orang yang melakukan perjalanan saat mudik Lebaran penuh dengan perasaan yang senang, karena sudah tidak sabar bertemu dengan orang tua dan keluarga besar lainnya.  Namun kita harus bisa menjaga kondisi tubuh kita sekeluarga agar selalu sehat. Baiknya bagi anda dan anggota keluarga yang akan melakukan perjalanan mudik apalagi dengan daerah tujuan yang jauh, wajib bagi anda sekeluarga mempersiapkan kondisi tubuh agar selalu sehat dan baik. 

tips aman mudik, tips nyaman mudik lebaran, selamat hari raya idul fitri, lebaran telah tiba, mudik lebaran, persiapan mudik lebaran, perjalanan mudik lebaran, mudik naik mobil, mudik naik motor, mudik naik bus, mudik lebaran naik kereta api

Berikut tips dan bebrapa saran dari kami yang bisa anda terapkan.

  1. Bawa obat-obatan yang dirasa perlu untuk mengantisipasi suatu hal yang anda tidak harapkan. Sehingga tidak menghambat perjalanan mudik anda.
  2. Kalau bisa sebelum berangkat memulai perjalanan anda tidur dulu paling sebentar 6 jam, terutama bagi anda sebagai pengendara/ sopir.
  3. Dalam perjalan anda bisa siapkan bekal berupa makanan dan minuman yang manis dan hangat. Anda bisa membeli minuman hangat di perjalanan dan menyimpannya di termos air minum yang bisa terus menghangatkan minuman anda.
  4. Hindari perut kosong dan rasa lapar saat dalam perjalanan. Solusinya anda bisa berangkat setelah sahur, dan saat sahur makanlah makanan yang bergizi serta konsumsi buah dan vitamin yang akan menjaga kondisi badan anda sekeluarga agar tetap fit. Adapun vitamin yang kita konsumsi bisa yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12, guna menghindarkan kita dari pegal-pegal, otot yang kaku, kesemutan atau kram.
  5. Minumlah air putih saat perjalalan karena baik untuk mengganti cairan tubuh yang bisa menjaga kondisi tubuh anda. Sebisa mungkin menghindari minuman yang mengandung kafein dan soda sebab bisa membuat anda tidak bisa tidur, yang justru mengakibatkan kondisi tubuh anda bisa melemah.
  6. Sebaiknya jangan merokok saat perjalanan karena dapat menyebabkan kekurangan udara oksigen (O2). Beruntung untuk anda yang tidak merokok sebab itu bukan masalah, tapi bagi perokok bisa mengurangi atau berhenti sejenak saat perjalanan demi keselamatan diri anda dan keluarga tersayang yang kita bawa.
  7. Jangan minum minuman yang mengandung alkohol tinggi, karena anda bisa dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Selain itu kesadaran anda akan menurun, yang sangat berbahaya bagi anda yang sedang mengemudikan kendaraan mobil atau sepeda motor. 
  8. Jika badan anda capek/ lelah segera sempatkan diri untuk istirahat apalagi jika anda adalah supir yang mengemudikan mobil. Sebab dengan badan yang kelelahan konsentrasi dan fokus dalam berkendara akan berkurang. Dan saat beristirahat, gunakan juga waktu untuk menggerakkan anggota tubuh yang berfungsi untuk meregangkan otot-otot yang tegang/ kaku sehingga dapat mengurangi rasa pegal.
  9. Jangan makan makanan yang berlemak, atau kurangi karena akan membuat lambung kita bekerja keras untuk mengolahnya, sedang tenaga yang dihasilkan kurang. Sebaiknya makan makanan yang mengandung karbohidrat, sebab akan dicerna dengan cepat dan mudah oleh tubuh/ lambung. Dan lagi kita membutuhkan energi ekstra yang bisa kita peroleh dari makanan yang mengandung berkabohidrat.
  10. Makanlah buah-buahan sebagai pengganti cemilan karena baik untuk menjaga kebutuhan vitamin dan air dalm tubuh.
  11. Jangan menyetir saat mengantuk, sangat berbahaya. Menepilah untuk istirahat tidur 2 – 3 jam. Sering kita mendengar berita di tv kecelakaan kendaraan akibat mengantuk, semoga kita tidak akan mengalami hal serupa (Amin).
Demikian beberapa tips persiapan dan ketika diperjalanan saat mudik Lebaran ke kampung halaman, semoga bermanfaat untuk kita semua. Kami ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat Islam. Makasih sudah mau sempatkan untuk mampir dan kami tunggu lagi untuk membaca juga artikel dari kami lainnya, yaitu mengenai resep kuliner nusantara yang pas saat berpuasa maupun saat merayakan Idul Fitri bersama keluarga.


Blog, Updated at: 10:41 AM

Advertisement