Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Sayur Lelawar Dengan Rebung Dan Daging Sapi Enak

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Resep dan cara membuat sayur lelawar dengan rasa yang nikmat pada dasarnya sangatlah mudah, sayur khas pulau jawa inilah yang saat ini akan kami bahas malam ini. Sayur lelawar merupakan kuliner nusantara yang sangat terkenal di wilayah jawa, itu karena rasanya yang bercitarasa tinggi. Kalau dibaca sekilas seperti hewan kelelawar, namun bukan itu karena bahan daging yang digunakan adalah daging sapi pada bagian sandung lamurnya atau tetelan sapi. Sayur ini berbahan dasar rebung/ tunas bambu yang masih muda, kemudain kita olah bersama daging sapI tadi, lalu ditambahkan bumbu-bumbu sepeti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan lain-lain. Dimana anda dengan mudah dapat membelinya di pasar langganan anda.

Sebelumnya membuat artikel ini, kami sudah memberikan resep sayur rebung asam yang berasal dari provinsi Sumatera, yang mana agar rebungnya asam harus diredam dulu sampai dengan 2 hari di dalam air beras. Namun untuk sayur rebung khas jawa ini beda proses tahapannya, yang dengan jelas akan kami ulas pada proses memasaknya hari ini. Selain untuk menu santap sehari-hari sayur lelawar ini bisa juga sebagai sayur pelangkap buka puasa maupun untuk sahur nanti. Untuk itu anda harus bisa memasak sayur ini, kami yakin sayur ini bisa menjadi salah satu referensi pelengkap di meja makan anda.

Khusus buat bunda harus mengajari anak kita untuk mengenal masakan sayur dari usia dini, karena masakan sayuran mengandung serat yang sangat baik untuk proses metabolisme dan lagi kandungan seratnya baik untuk badan kita. Oleh sebab itu pemerintah/Dinas Kesehatan sudah lama menghimbau kepada kita semua kalau bisa penuhi kebutuhan tubuh kita dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna. Jika kita belum bisa sesempurna itu, paling tidak kita jangan sama sekali tidak mengkonsumsi sayur-sayuran yang menyehatkan.

Kita harus bersyukur karena Indonesia adalah negara agraris yang subur, sehingga banyak petani sayur-sayuran yang mampu menyediakan pasokan sayur untuk kebutuhan kita sehari-hari. Bahkan jika anda mau anda bisa menanam sendiri di lahan sekitar rumah anda. Sedang untuk rebung (iwung dalam bahasa sunda) yang tak lain adalah tunas bambu muda, bisa anda dapatkan di kebun atau di pasar. Sambil istirahat, silahkan baca dahulu resep sayur lelawar ini, jadi siapa tau anda membutuhkan tinggal datang lagi ke tulisan kami ini. Tapi bagi anda yang sudah penasaran, jangan tunda lagi untuk memasak sayur lelawar ini. Berikut tahap-tahap memasak sayur lelawar yang kami rangkum dalam penjelasan yang mudah dimengerti.

resep sayur lelawar,cara membuat sayur lelawar,cara memasak sayur lelawar,bahan sayur lelawar,bumbu sayur lelawar,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,masakan sederhana,sayur iwung enak,masakan khas sumatera,sayur lelawar pedas,kuliner nusantara enak
sayur lelawar

Bahan-bahan untuk memasak Sayur Lelawar:

  • 500  gram rebung muda, potong dengan ukuran : 1 X 1 X 6 cm
  • 200  gram daging tetelan sapi / sandung lamur, rebus dan kemudian dipotong dadu 1 cm
  • 750  cc kaldu
  • 500  cc santan dari ½ butir kelapa
  • 2      lembar daun salam

Bumbu Sayur Lelawar (dihaluskan):

  • 3     buah cabai merah
  • 3     buah bawang putih
  • 7     buah bawang merah
  • ¼    sendok teh terasi
  • 2     sendok teh ketumbar, sangrai
  • ½    sendok makan lengkuas cincang
  • 1 ½ sendok teh garam 
  •        Gula pasir menurut selera

Cara membuat masakan Sayur Lelawar:

  1. Rebus rebung dengan 1 sendok makan gula, buang airnya, rebus kembali dengan air baru hingga tidak terasa pahit. Angkat dan tiriskan
  2. Selanjutnya didihkan kaldu bersama daging, rebung, daun salam, dan bumbu halus. Masukkan santan, masak hingga seluruhnya matang. 
  3. Lalu segera angkat bila sudah matang dan bisa langsung hidangkan selagi masakan masih panas.


Gimana bunda, sudah selesai memasaknya… mudah kan… jangan lupa ajak serta sahabat dan keluarga anda untuk mampir ke artikel sederhana ini. Kami sangat berharap resep ini bermanfaat untuk anda, dan kami sampaikan trims karena sudah mau mampir ke artikel kami ini. Dilain waktu kami akan memberikan resep berbahan dasar sayuran lainnya. Oh iya bunda, masak juga yuk resep berikut, Resep Sayur Rebung Asam Dengan Ikan Atau Udang Enak.


Blog, Updated at: 3:24 AM

Advertisement