Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Sayur Rebung Asam Ikan Atau Udang Sedap Dan Nikmat

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Resep dan cara membuat sayur rebung asam khas Sumatera. Mungkin bila anda belum tau sayur rebung, adalah pas dengan anda mempir ke artikel kami ini. Sayur rebung adalah sayur enak yang berbahan dasar rebung/ tunas bambu muda yang kemudian dimasak menjadi olahan sayuran. Jika dalam bahasa sunda Jawa Barat disebut sayur iwung atau bambu muda. Adapun jika mau kita bisa tambahkan ikan atau udang untuk menambah tampilan dan rasa tentunya. Dengan padauan bumbu-bumbu yang alami hasil bumi Indonesia, membuat kuliner nusantara dari tanah Sumatera ini menjadi lebih enak dan memiliki citarasa yang luar biasa. Yaitu diantaranya, bawang merah dan bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, bahkan cabai dan batang seraipun kita tambahkan kedalam masakan asli Indonesia ini.

Masakan ini cocok untuk di santap sebagai menu makanan sehari-sehari. Bahkan bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasapun bisa menyediakan sayur rebung asem ini sebagia menu buka puasa maupun saat sahur. Indonesia memiliki alam yang masih alami dan menyediakan bahan dasar masakan yang melimpah, tapi menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga lingkungan sekitar kita agar alam Indonesia yang indah ini tidak rusak dan tercemar. Salah satunya dengan reboisasai, yaitu suatu kegiatan yang menanam pohon di hutan yang sudah gundul atau baru dipanen/ diambil pohon dan tanamannya.

Sayur rebung yang anda masak ini memiliki rasa asem yang khas, itu berawal dari pengolahan awal untuk mempersiapkan rebung itu sendiri. Kenapa sayur rebung ini rasanya sedikit asam, anda mw tau kan?, Ya karena 2 hari sebelumnya kita merendam dahulu tunas bambu muda/ rebung di dalam air bersih atau air beras, yang kemudian kita cuci dan tirisakan/ diamkan sebentar. Nah terjawab sudah kan, kenapa sayur ini berasa asam dan bernama sayur rebung asam. Adapun ikan yang bisa anda tambakan boleh jenis ikan yang anda gemari, seperti ikan kakap, ikan kembung, ataupun ikan laut kerapu yang hanya ada di musim tertentu.

Karena masakan sayur ini berasal dari provinsi Sumatera maka jangan heran jika anda pernah jumpai di rumah makan padang di hampir seluruh wilayah Indonesia. Cuma karena mungkin tidak banyak orang yang belum terbiasa karena rasanya yang agak asam mungkin anda bisa menjumpainya jika anda memasak sendiri di rumah. Adapun proses memasaknya sangatlah mudah, ditambah bahan dan bumbunya bsia anda temukan di pasar langganan anda. Anda sudah mulai penasaran kan?, yuk ikuti langkah-langkahnya berikut, dan kalau sudah masak jangan lupa kami diajak makan yaa... hehhehee..


resep sayur rebung asam,cara membuat sayur rebung,cara memasak sayur rebung,bahan sayur rebung,bumbu sayur rebung,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,masakan sederhana,sayur iwung enak,masakan khas sumatera,kuliner nusantara enak

Bahan sederhana Untuk Masak Sayur Rebung Asam:

  • 500  gram rebung asam
  • 200  gram udang/ ikan kembung/ ikan kakap/ ikan kerapu
  • 1      liter santan kelapa, dari 1 butir kelapa
  • 1      batang serai, memarkan
  • 1      potong asam gelugur
  •         Garam menurut selera

Bumbu Sayur Rebung Asam (dihaluskan):

  • 10    buah cabai merah
  • 8      buah bawang merah
  • 2      buah bawang putih
  • 1      sendok teh kunyit cincang
  • 1      sendok teh jahe cincang
  • 1      sendok makan lengkuas

Cara membuat Sayur Rebung Asam:

  1. Pertama-tama, udang atau ikan yang kita inginkan dibersihkan dulu, kemudian potong-potong dengan ukuran yang kita inginkan, lalu lumuri asam dan garam, biarkan selama ± 10 menit.
  2. Kemudian masukkan semua bahan, ikan dan bumbu ke dalam panci, tambahkan santan, didihkan sambil sekali-sekali diaduk sampai semuanya matang.
  3. Angkat dan hidangkan.

Catatan:
Rebung/ tunas bambu muda: iris tipis rebung/ tunas bambu muda dulu. Selanjutnya anda rendam ke dalam air bersih/ air beras, rendam dan biarkan selama dua hari, hingga rebung terasa lebih asam. Kemudian rebung cuci sampai bersih dan diampakan dan tiriskan sebentar sebelum dimasak.

Bagaimana bunda, mudah sekali kan memasak sayur rebung asam ikan-nya??, selamat menikmati yaa, semoga resep ini bermanfaat untuk kita semua. Makasaih banyak untuk anda yang sudah setia mengikuti berbagi resep nusantara dari kami, semoga kami bisa terus memberikan resep nikmat lainnya untuk anda dimanapun berada. Sampai ketemu lagi di resep-resep masakan tradisional yang enak lainnya. Yuk mari kita jaga dan pelihara resep asli nenek moyang kita agar selalu abadi sepanjang masa. Coba juga memasak Resep Gulai Manis Sawi Putih Mudah dan Nikmat.


Blog, Updated at: 6:35 AM

Advertisement