Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Sayur Gori "Jangan Gori" Khas Jawa Tengah Enak Dan Nikmat

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Resep mudah membuat masakan sayur gori dengan rasa yang enak dan nikmat. Sayur gori adalah sayur yang bahan dasarnya dari nangka muda dan merupakan sayuran asli dari provinsi Jawa Tengah. Dalam bahasa Jawa Tenagah sayur gori dikenal dengan nama jangan gori, yang dimana sayur ini sangat enak dan memiliki rasa yang khas. Anda bisa dengan mudah menemukan sayur gori ini di “warteg” atau warung nasi lainnya. Selain itu anda bisa menemukan sayur yang bahan dasarnya nangka muda ini di rumah makan padang, yang tentunya memiliki ciri khas masakan masing-masing.

Jika anda memiliki hobi memasak, kami yakin anda bisa memasak sayur gori ini. Di indonesia terdapat banyak masakan tradisional yang enak-enak yang memiliki citarasa yang luar biasa dan disukai oleh banyak orang bahkan sampai luar negeri. Nah, kita sebagai warga negara Indonesia berkewajiban menjaga warisan leluhur kita yaitu resep masakan yang enka-enak dan mantap tentunya. Apalagi Indonesia yang sebaian besar wilayahnya kaya akan rempah-rempah sehingga kita dengan mudah menemukan bahan dan bumbu yang kita butuhkan untuk memasak.

Sayur gori cocok sebagi menu masakan sehari-hari, ini terbukti seringnya sayur ini dihidangkan di rumah makan. Nah, untuk anda ynag menjalankan ibadah puasa, sayur ini juga baik untuk berbuka puasa dan untuk pelengkap sahur anda. Tapi kami ingatkan bagi anda yang memiliki mag agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi sayur yang bersantan, karena kurang baik untuk lambung anda. Untuk lebih jelasnya, langsung aja konsultasikan ke dokter.

Saat kita menyantap nasi dan sayur gori lebih mantap kalau ditemani dengan kerupuk dan sambal yang maknyus. Cara membuat sayur gori ini sangat mudah, yaitu dengan mengolah sayur  nangka muda dan tulang iga sapi atau tetelan sapi yang masih muda. Dimana bahan dasar itu tadi diolah bersama bahan lainnya seperti daun salam, lengkuas, santan encer, serta bumbu-bumbu seperti ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya. Gimana, anda penasaran kan?, yuk langsung aja memulai masak jangan gori yang merupakan salah satu kuliner nusantara yang enak ini.

resep sayur gori,cara membuat sayur gori,cara memasak sayur gori,bahan sayur gori,bumbu sayur gori,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,masakan sederhana,jangan gori enak,masakan khas jawa tengah,kuliner khas nusantara,sayur nangka muda,sayur nangka kuah santan,sayur gori iga sapi
sayur gori

Bahan-bahan untuk memasak Sayur Gori :

  • 1     kg nangka muda, potong menurut selera anda
  • 250 gram tulang iga sapi/ daging tetelan sapi
  • 3     lembar daun salam
  • 3     cm lengkuas, memarkan
  • 1     liter santan encer
  • 300 cc santan kental
  • 3     buah cabai merah, iris bulat
  • 3     buah cabai hijau, iris bulat
  •        Garam menurut selera anda
  •        Gula pasir menurut selera anda

Bumbu Sayur Gori (dihaluskan) :

  • 2     sendok teh ketumbar, sangrai
  • ½    sendok teh jintan, sangrai
  • 5     buah kemiri, sangrai
  • 8     buah bawang merah
  • 4     buah bawang putih
  • ¼    sendok teh terasi

Cara membuat Sayur Gori/ Sayur Nangka Muda :

  1. Pertama, kita rebus nangka muda bersama tulang iga/ daging tetelan, daun salam, lengkuas, dan santan encer hingga lunak.
  2. Kemudian, kita masukkan bumbu halus yang sudah diihaluskan tadi, lalu menyusul santan kental, dan irisan cabai merah dan irisan cabai hijaunya.
  3. Aduk terus perlahan-lahan supaya kuah santan encernya tidak akan pecah. Masak trus hingga masakan matang.
  4. Selanjutnay angkat dan bisa dihidangkan untuk segera di santap bersama keluarga.

Bagaimana bunda, mudah kan membuatnya. Nah bagi anda yang belum, segera memasaknya dan hidangkan untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba. Terima kasih sudah setia mengikuti resep nusantara yang kami berikan, semoga saja bisa menjadi alternatif sayur di rumah anda dan bermanfaat untuk kita semua. Bagikan dan ajak kawan dan saudara anda untuk datang kembali melihat resep dari kami yang lainnya. Ayuk coba juga memasak Resep Sayur Lelawar Khas Jawa Rasa Enak Dan Halal.


Blog, Updated at: 1:14 PM

Advertisement