Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Sayur Gulai Manis Sawi Putih Khas Sumatera Nikmat

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Resep mudah dan sederhana membuat masakan tradisional gulai manis sawi putih khas Sumatera Enak. Met siang sist dan broo, semoga hari anda selalu menyenangkan. Dihari pertama kita berpuasa tentulah semangat untuk memasak sendiri semakin besar, karena dengan bunda menyediakan makanan untuk berbuka puasa maupun sahur akan mendapatkan pahala. Nah, untuk menemani hari ini kami memberikan salah satu kuliner khas nusantara yang mantap. Gulai manis yang berbahan dasaar dari sayur sawi putih atau kol ini juga enak koq jika disantap untuk hidangan sehari-hari.

Untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, emang kita harus sering mengkonsumsi masakan yang mengandung serat. Tubuh membutuhkan serat untuk membantu ketahanan tubuh kita terutama bagi kita yang beraktifitas berat. Dengan menu maskan yang seimbang baik itu dengan memakan daging, sayur dan juga buah-buahan tentu tubuh kita akan fit terus. Apalagi saat ini kondisi lingkungan yang panas dan berdebu tentu banyak virus dan bakteri yang membawa jenis-jenis penyakit yang bisa saja menyerang kekebalan tubuh kita. Anda sebaiknya minum juga asupan vitamin selain mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Negara Indonesia memiliki berbagai jenis masakan yang enak-enak, karena itu tidak heran jika banyak masakan tradisional yang di adaptasikan menjadi masakan modern saat ini. Salah satunya ya sayur gulai manis ini, yang merupakan masakan asli provisnsi Sumatera. Sebagai rakyat Indonesia kita harus bangga dan harus membudayakan mencintai masakan asli nusantara. Karena peninggalan leluhur tidak hanya harta dan tanah tapi bnayak jenis masakan asli Indonesia yang enak-enak dan sampai terkenal ke mancanegara.

Resep gulai manis adalah masakan bergizi dari olahan sayur sawi putih. Gulai manis terbuat dari olahan sayur sawi putih atau kol, yang dipadukan dengan rempah-rempah asli nusantara seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain. Dengan pengolahan proses memasak yang baik akan menghasilkan masakan dengan citarasa yang lezat. Untuk lebih gamblangnya yuk kita ikuti proses mudahnya berikut.

resep gulai manis,cara membuat gulai manis,cara memasak gulai manis,bahan gulai manis,bumbu gulai manis,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,masakan sederhana,sayur sawi putih,masakan khas sumatera,gulai manis sawi putih,gulai manis kol,kuliner nusantara enak

Bahan-bahan untuk memasak Gulai Manis :

  • 250 gram kol/ sawi putih, iris memanjang dengan lebar 1 cm
  • 1     liter santan dari 1 butir kelapa
  • 6     buah bawang merah, iris halus
  • 2     buah bawang putih, iris halus
  • 2     cm lengkuas, memarkan
  • 1     batang serai, memarkan
  • 3     buah cabai merah, iris serong tipis
  • 1     potong asam gelugur
  • 2     butir telur, kocok lepas
  • 2     sendok teh garam
    Atau
  • 1    potong asam kandis

Cara membuat Gulai Manis :

  1. Pertama, kita didihkan santan bersama bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, asam, dan garam.
  2. Selanjutnya masukkan irisan kol/ sawi putih dan cabai sambil sekali-sekali diaduk agar santan tidak pecah.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan telur sekaligus, aduk rata.
  4. Setelah masakan matang, segera angkat dan bisa langsung dihidangkan.

Selesai juga memasaknya, mudah-mudahan masakannya enak sesuai harapan kita semua. Gimana mudah sekali kan memasak gulai manis sawi putih-nya. Kami sih berharap anda puas dengan resep sederhana dari kami. Ajak saudara anda, sahabat anda untuk mencoba resep ini maupun resep kami lainnya yang tak kalah nikmat. Trims sudah berkunjung ke artikel kami yang sederhana ini, lihat juga resep kami sebelumnya : Resep Mudah Gulai Silalab Daun Singkong Muda.


Blog, Updated at: 11:43 AM

Advertisement