Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Nasi Kunyit Kuning Enak Nikmat Dan Bergizi

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Hahaaii... gimana kabar semuanya? anda bingung mau masak apa hari ini, kami ada ide masak aja nasi kunyit. Selain rasanya yang enak, masakan khas Provinsi Sumatera ini memiliki keunikan, yaitu dari warnanya yang kuning seperti nasi kuning pada umumnya.

Dengan cara yang mudah dan sederhana kami yakin anda semua bisa membuat masakan tradisional ini. Berikut resepnya, dan selamat memasak ya bunda dimanapun berada.

Bahan-bahan nasi kunyit enak:

500 gram beras ketan, di rendam paling sedikit 2 jam, kemudian di tiriskan/di diamkan.
1 sendok makan kunyit parut atau ½ sendok teh kunyit bubuk.
½ sendok makan garam
125 cc santan kental
1 sendok teh air jeruk nipis, untuk memperindah warna kuning kunyit
2 lembar daun pandan, di sobek-sobek, kemudian di ikat


Cara Membuat nasi kunyit nikmat:

  1. Pertama kita kukus ketan hingga setengah matang selama 15 menit,kemudian pindahkan ke panci lain.
  2. Langkah selanjutnya adalah  larutkan kunyit parut dengan santan yang telah di siapkan terlebih dahulu, lalu di saring, kemudian di rebus di atas api sedang sampe mendidih bersama garam dan daun pandan.
  3. Kemudian tuangkan santan yang mendidih tadi pada ketan, jerangkan/panaskan di atas api sambil sebentar-sebentar diaduk sampai santan terseap habis.
  4. Kemudian masukkan perasan air jeruk, sambil di aduk rata, kemudian kukus hingga matang.

resep nasi kunyit,bahan nasi kunyit,bumbu nasi kunyit,rahasia nasi kunyit,warna nasi kunyit

Catatan :

Apabila kita berkunjung ke Sumatra hampir semua wilayah di Sumatra, masakan nasi kunyit (olahan beras) di hidangkan bersama ayam panggang bumbu kuning, atau Unti(parutan kelapa yang manis karena di beri campuran gula merah) sebagai perangkat untuk upacara adat setempat.

Misal dalam perayaan pasta pernikahan di Balai Pulut. Dimana nasi kunyit dinikmati seusai upacara adat/pesta pernikahan.

Seharusnya sebagai rakyat Indonesia kita harusnya bangga karena begitu banyak masakan khas di negara kita ini, oleh karena itu kita harus bisa melestarikan dan mengembangkan masakan Indonesia tanpa merusak nilai2 budaya yang di tinggalkan oleh nenek moyang kepada kita. Baca juga artikel lainnya: Resep Sop Buntut Spesialll.


Blog, Updated at: 5:41 AM

Advertisement