Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap Gurih Enak Dan Nikmat

Posted by

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com – Malam bunda semuanya, lagi pada ngapain nih malam-malam begini?, daripada melamun mending masak masakan spesial untuk suami tercinta yaitu resep gulai kepala ikan khas Aceh. Salah satu wilayah di pulau Sumatera ini kaya akan jenis maskan tradisional yang enak dan lezat. Dimulai dari mie aceh, rendangnya dan masakan lainnya.

Untuk kali ini kami akan berbagi resep sederhana juga mudah bagaimana cara memasak gulai kepala ikan sedap dan maknyus. Sebelum memulainya memasak, siapkan dulu bahan-bahannya seperti kepala ikan kakap putih  yang beratnya antara 800 – 850 gram, usahakan kepala ikan yang masih segar agar masakannya menjadi luar biasa.. Selain itu siapkan juga daun salam koja, batang serai, jeruk nipis  dan lain-lainnya.

Kesemua bahan tadi diolah dengan baik bersama dengan rempah-rempah asli Indonesia yang dengan mudah anda bisa dapatkan di kebun atau bisa anda beli di pasar langgana anda. Kita semua tau, kalau masakan asli Indonesia memiliki citarasa masakan yang mantap dan kenyataannya kuliner nusantara banyak digemari wisatawan dalam negeri/domestik maupun wisatawan luar negeri. Anda mulai penasaran kah… yuk mulai aja memasak resep masakan spesial khas Aceh berikut, cekidott.

resep gulai kepala ikan,cara membuat gulai kepala ikan,cara memasak gulai kepala ikan,bahan gulai kepala ikan,bumbu gulai kepala ikan,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,resep masakan sederhana, gulai kepala ikan enak,masakan khas aceh, kuliner khas nusantara, gulai kepala ikan nikmat, gulai ikan kuah santan, gulai kepala ikan pedas

Bahan-bahan untuk memasak gulai kepala ikan:

4 buah belimbing sayur, belah jadi 2 bagian
9 lembar daun salam koja, cuci lalu tiriskan
1 buah (800 - 850 gram kepala ikan kakap/), potong jadi 2 – 4 bagian
garam sesuai kebutuhan dan air jeruk nipis seperlunya saja
1 batang serai, yang sudah dimemarkan
1 lembar daun pandan, sobek-sobek kemudian ikat
1 – 2 sendok makan kelapa parut sangrai, yang ditumbuk halus
700 - 750 cc santan yang diambil dari 1 butir kelapa tua (sedang)
2 - 4 sendok makan minyak goreng secukupnya saja untuk menumis

Bumbu yang harus dihaluskan dulu:

½ sendok akan jahe cincang
15 buah cabai segar/ 10 buah cabai kering
½ sendok makan kunyit cincang
7 buah bawang merah
1 sendok makan ketumbar, sangrai
3 buah bawang putih
½ sendok teh jintan, sangrai
Garam menurut selera
1 sendok teh merica bulat, yang sudah disangrai
¼ sendok teh adas manis, sangrai
1 sendok makan asam sunti atau ½ sendok teh asam

Cara membuat gulai ikan nikmat:

1. Pertama-tama kitalumuri dengan rata kepala ikan memakai air jeruk nipis dan garam secukupnya aja, lalu diamkan dulu selama ±  ½ jam, kemudian ditiriskan. Proses selanjutnya lumuri lagi kepala ikan kakap  dengan kelapa tumbuk.
2. Kemudian tumis bumbu halusnya, kemudian masukkan juga serai dan daun pandan sampai tercium bau harum, kemudian tuang santan kedalamnya, lalu masak sampai mendidih. Lalu masukkan kepala ikan tadi dan berikutnya masukkan belimbing sayur, terus masak  sampai mendidih sambil sekali-sekali diaduk agar matang merata. Jangan lupa masukkan daun salam kojanya.
3. Lakukan proses memasaknya sampai matang keseluruhan merata, dan terlihat kuahnya agak berminyak.
4. Jika sudah matang segera dihidangkan selagi gulai kepala ikannya masih hangat, selamat menikmati gulai kepala ikan kakap sedap dan mantap khas Aceh.

Gimana bundaa, mudah dan sederhana saja kan memasak gulai kepala ikan kakapnya. Sekian dulu resep kuliner nusantara dari kami dan terimakasih yaa sudah mengikuti dan baca artikel kami selama ini. Baca juga resep kami lainnya yang tak kalah enak dan mantap seperti berikut resep gulai ikan nikmat khas Sumatera.



Blog, Updated at: 8:55 PM

Advertisement